Katakter Guru Disenangi Murid

Foto: Thinkstock/Jetta Productions

Saat ini banyak diantara guru yang ada di Indonesia haya berfokus pada sisi administratif saja, padahal fungsi guru bukan hanya mengurusi administratif melainkan bagaimana cara mencetak generasi baru yang akan memajukan suatu peradaban atau jauh lebih spesifik bagaimana siswa ketika sudah mendapatkan pendidikan wajib ilmu yang didapat dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri. Bagaimana caranya Guru dapat menjadi yang inspiratif bagi siswanya, berikut 4 hal yang berkaitan dengan Guru yang inspiratif bagi siswa:
1.Penguasaan atas materi.
2.Bagaimana kemampuan dia dalam mentransfer dan menyampaikan materi.
3.Bagaimana Interaksi dirinya dengan siswa.
4.Kualitas kualitas moral dan mental yang sering terlihat oleh siswa.
Berikut ini pembahasan dari poin diatas


1.Penguasaan materi

Penguasaan materi sesuatu yang sangat penting dan krusial karna, ada banyak sekali penelitian dan sejumlah data juga membuktikan bahwa banyak sekali guru-guru di Indonesia yang memiliki kualitas buruk dalam hal penguasaan mereka atas materi.
Di Indonesia banyak sekali guru-guru yang tidak memiliki kualitas baik dalam mengajar dalam penguasaan mereka terhadap materi Kenapa itu bisa terjadi ada banyak sekali faktor tapi salah satu yang paling mungkin bisa kita perbaiki adalah bahwa guru-guru di Indonesia itu kebanyakan malas atau lelah untuk mau mengakses informasi-informasi baru, jadi ketika mereka datang ke kelas mereka mengajar dengan model lama dengan metode lama dengan buku-buku lama mereka yang berisi tentang teori-teori yang lama yang dihadapkan pada siswa baru untuk masa depan, Jadi tapi ketika guru datang ke kelas mereka berpikir bahwa apa yang mereka sampaikan 30 tahun yang lalu itu mungkin cocok untuk yang untuk generasi baru.
Hal ini merupakan sesuatu yang menjadi sangat bermasalah dan ketika misalkan si guru-guru itu mengajar kemudian, ada siswa yang membawa HP untuk mencari referensi, kemudian siswa bilang kepada guru “Bu, materinya Kok beda sih dengan yang ini menurut internet Ini hasilnya gini ini? “ Maka guru itu biasanya akan menyanggah “kalau belajar tuh jangan pakai Google itu gak ada berkahnya belajar itu harus ada gurunya harus ada pembimbingnya biar kalian itu enggak tersesat, karena ilmu pengetahuan itu tidak hanya teks tapi juga harus diterapi dipahami sesuai dengan nilai moral etika dsb.“ .
Para Guru ini berpendapat bahwa informasi yang ada di internet itu adalah sesuatu yang tidak pernah benar dan sebagainya sedangkan pernyataan mereka itu adalah pernyataan yang benar walaupun sudah disampaikan 30-40 tahun yang lalu. Kemudian Minggu berikutnya kepala sekolah langsung mengeluarkan pengumuman bahwa mulai dari sekarang sekolah ini kalau belajar tidak boleh bawa HP. Karena para guru-guru panik kalau mereka ditegur oleh siswa karena siswa ternyata mendapatkan akses informasi yang lebih update terbanyak sekali data-data yang menjelaskan bahwa informasi-informasi yang didapatkan oleh siswa sekarang itu jauh lebih banyak daripada yang didapatkan oleh generasi-generasi yang lebih dulu.
Dengan demikian sebagai profesi Guru maka diharapkan untuk menambah dan mengupgrade skill serta pengetahuan.

2. Kemampuan penyampaian materi

Selain penguasaan materi lebih penting lagi bagaimana cara penyampaian materi yang akan diberikan kepada siswa. Pernahkah anda sebagai guru melihat siswa anda tidur atau pas menanyakan apakah menerti?, dan para siswa diam dan hening. Itu tandanya penyampaian materi yang anda berikan tidak menarik bagi siswa atau malah membuat siswa menjadi mengantuk. Hal tersebut mengindikasikan penyampaian materi anda tidak efektif.
Sebagai seorang Guru, dituntut untuk memberikan informasi yang efektif kepada siswanya. Contohnya jiga kemampuan penyampaian materinya bagus dan menarik maka para siswa akan lebih cepat menyerap materi yang disampaikan serta tidak membuat siswa menjadi jenuh. Kemampuan penyampaian materi ini para guru bisa dapatkan dari jurnal dan pelatihan-pelatihan sehingga tidak ada alasan untuk para guru untuk tidak mengipdate skill. Berikut ini salah satu contoh dalam penyampaian materi dengan menyenangkan yakni membuat game yang menarik, Tumbuhkan Ketertarikan Siswa dengan Memasukkan Misteri Dalam Pelajaran.
Metode belajar yang kurang menarik dapat menurunkan minat siswa dalam mengikuti pelajaran. Oleh karenanya penting untuk menemukan macam-macam metode pembelajaran baru yang lebih kreatif dan inovatif. Menerapkan metode pembelajaran yang tepat dan mudah dipahami akan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Untuk itu, sekiranya tenaga pendidik juga institusi pendidikan dapat merencanakan metode pembelajaran yang lebih fresh bagi siswa didiknya. Sehingga setiap siswa mendapatkan hasil secara optimal dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode belajar yang efektif tidak semata-mata berorientasi pada angka. Tapi, juga perkembangan siswa didik secara mental dan emosional. Melalui metode belajar yang menarik dengan melibatkan siswa di dalamnya akan membantu mereka untuk tumbuh percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan menghadapi dunia luar nantinya.

3.Bagaimana Interaksi dirinya dengan siswa.

Ketiga bagaimana caranya menjadi guru yang inspiratif itu adalah mengontrol interaksi diri dengan siswa Jadi maksudnya, menjadi terlalu dekat dengan itu juga kurang baik karena disitu Wibawa akan berkurang dan peraturan-peraturan yang ingin kita terapkan itu mungkin saja dilanggar tetapi Terlalu jauh itu juga sangat buruk Karena bagaimanapun siswa hanya akan mau menerima seseorang yang dirinya sendiri menerima itu dan cara penerimaan itu adalah dengan tidak terlalu jauh.
Jadi bagaimana caranya yakni dengan Zona goldilocks, zona goldilocks itu masuknya tidak terlalu jauh tidak terlalu dekat tepat Dimana ada sebuah kondisi-kondisi dimana transfer pengetahuan dan kesadaran itu bisa berjalan dengan mulus nah bagaimana ceritanya cara yang paling sederhananya itu adalah anda harus cukup dekat dengan siswa sedemikian sehingga Baraya mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa-siswa itu tetapi, anda harus cukup jauh sehingga masalah-masalah yang Baraya miliki itu tidak bisa dideteksi sang mereka ini adalah sesuatu yang sangat penting maksudnya, ketika siswa ini bolos anda tahu penyebabnya apa. Sehingga ketika anda mengobrol Bapak ngerti kok kamu kan kondisinya seperti ini kan jadi siswa itu bagaimanapun punya ego ketika dia sadar bodynya diperhatikan pada bagian itu dia akan mencoba untuk akrab lebih dekat kemudian mereka nyaman dan kalau sudah nyaman anda dalam menyampaikan pengajaran akan membuat siswa menjadi nyaman. 

4.kualitas kualitas moral dan mental yang sering terlihat oleh siswa

Kualitas yang sebenarnya sangat susah untuk disampaikan karena semua orang mengetahuinya tetapi banyak yang Alfa dalam melaksanakannya. Yaitu apa kualitas diri sebagai manusia dan kualitas diri sebagai guru-guru harus disiplin, guru harus bertanggung jawab, guru harus menerima kesalahan, guru harus memberikan solusi dan guru juga harus memberikan inspirasi.
Memberikan contoh yang baik menunjukkan kepada siswa bahwa yang baik itu seperti ini yang buruk itu seperti ini bukan hanya dalam tataran lisan tetapi, juga perbuatan ketika guru datang terlambat ke sekolah itu menjadi satu kesan yang buruk buat siswa kalaupun siswa tidak mempermasalahkan itu artinya si guru itu sudah mengajari bahwa keterlambatan itu sesuatu yang bukan masalah dan itu adalah sesuatu yang buruk.
Jadi kualitas-kualitas diri itu harus ditonjolkan bukan ditonjolkan demi ke pameran tetapi menunjukkan kepada siswa itu bahwa inilah model hidup yang baik disiplin rajin tepat waktu rajin menabung
Sebagai penutup Saya ingin katakan bahwa menjadi guru itu adalah profesi yang transcendental, di zaman masa yang sangat lampau di Indonesia memisalkan Drajat guru itu lebih tinggi daripada derajat raja-raja maka kalau anda menjadi guru Jangan khianati nilai-nilai transendental itu, anda adalah orang-orang yang memegang masa depan siswa-siswa itu maka Jadilah yang terbaik untuk menciptakan masa depan yang baik terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar