Wartegg Test
A. Pelaksanaan Test
a) Bahan
1 lembar tes Wartegg
Tes Wartegg berbentuk setengah halaman kertas folio, dicetak, ada 8 kotak dengan masing-masing satu tanda yang berlainan, kotak-kotak dilingkari garis hitam tebal
1 pensil HB Alas yang keras dan licin
b) Waktu : 10 menit
c) Instruksi
“Pada lembar ini anda melihat 8 kotak. Dalam tiap kotak ada tanda kecil. Tanda-tanda ini tidak mempunyai arti khusus.
Tanda-tanda ini hanya merupakan bagian-bagian dari gambar-gambar yang anda harus gambar dalam tiap kotak.
Anda boleh menggambar apa saja dan boleh dimulai dengan tanda yang paling disukai.
Anda tidak perlu mengikuti urutan dari tanda-tanda initetapi anda diminta mencantumkan angka pada gambar-gambar yang dibuat secara berurutan. Anda boleh bekerja menggunakan penghapus tetapi janganlah memutar kertas. “
Setelah subyek selesai menggambar, instruksikan kepada subyek untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut
Tuliskan nomor urut di bagian atas kotak, sesuai dengan urutan gambar yang Anda selesaikan terlebih dahulu
Dari kedelapan gambar yang telah anda selesaikan tersebut, sebutkan gambar mana yang paling anda sukai dan jelaskan mengapa?
Sebaliknya, sebutkan gambar mana yang paling tidak anda sukai dan jelaskan mengapa?
Dari kedelapan gambar yang telah anda selesaikan tersebut, sebutkan gambar mana yang paling mudah anda selesaikan?
Sebaliknya, sebutkan gambar mana yang paling sulit anda selesaikan?d) Interpretasi
B. Interpretasi dari setiap Gambar
Rangsang 1: menyangkut hal-hal yangg berhubungan dengan penyesuaian diri yaitu bagaimana Anda menempatkan diri dalam lingkungan
Titik memiliki karakteristik kecil, ringan, bundar, dan sentral. Sendirian, rangsang ini tidak menonjol dan mudah terlewatkan oleh subjek yangnkurang perseptif atau kurang sensitif. Akan tetapi, letaknya yang persis ditengah-tengah menyebabkannya begitu penting dan tidak dapat diabaikan. Dengan begitu, muncullah ketegangan antara imajinasi dan pemikiran disebabkan rangsang ini secara materi tidak berarti, tetapi fungsinyan sangatlah penting dalam mewujudkan suatu gambar.
Rangsang 2 : menunjukkan fleksibilitas perasaan
Garis kecil bergelombang mensugestikan sesuatu yang hidup, bergerak, bebas, menggelepar, tumbuh, dan mengalir. Kualitas rangsang ini menolak perlakuan seadanya atau menggunakan cara-cara tekhnikal, tetapi menghendaki suatu integrasi ke dalam sesuatu yang hidup dan dinamik.
Rangsang 3 : mengukur hasrat untuk maju atau ambisi.
Tiga garis vertikal yang menaik secara teratur mengekspresikan kualitas kekakuan, kekerasan, keteraturan, dan kemajuan. Kualitas-kualitas ini berbaur dan menimbulkan kesan rumit mengenai organisasi yang dinamik, berkembang bertingkat, konstruksi metodik, dan semacamnya.
Rangsang 4 : mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan
Segiempat hitam tampak berat, utuh, padat, menyudut, dan statik, mengesankan materi yang keras. Sekalipun rangsang 3 memiliki karakteristik mekanik tetap memperlihatkan sesuatu yang bertumbuh dan dinamik, rangsang 4 ini sama sekali diam dan tidak hidup. Rangsang ini juga tampil suram, sehingga mudah diasosiasikan dengan suatu yang depresif, bahkan sesuatu yang mengancam.
Rangsang 5 : mengukur bagaimana cara bertindak.
Dua garis miring yang berhadapan sangat kuat, mengesankan gagasan mengenai konflik dan dinamika. Posisi garis yang lebih panjang menggambarkan sesuatu yang langsung mengarah ke atas berhadapan dengan garis pendek yang menghadangnya. Kekakuan garis-garis ini dan posisinya yang saling tegak lurus mensugestikan konstruksi dan pemakaian yang bersifat teknikal.
Rangsang 6 : mengukur cara berpikir atau analisa dan sintesa
Garis-garis horisontal dan vertikal, sangat apa adanya, kaku, bersahaja, tidak menarik, dan tidak memancing inspirasi. Sekilas tampaknya hanya cocok untuk dijadikan pola-pola geometrik atau objek dasar. Namun, pengalaman telah menunjukkan bahwa rangsang ini dapat dibuat menjadi berbagai kombinasi yang menarik. Posisinya yang tidak ditengah menyebabkan penyelesaiannya untuk menjadi sesuatu yang berimbang merupakan tugas yang sulit dan memerlukan perencanaan yang Sungguh-sungguh.
Rangsang 7 : menyangkut kehidupan dan perasaan (apakah sudah stabil atau masih kekanak-akanakan)
Titik-titik membentuk setengah lingkaran, mengesankan sesuatu yang sangat halus, (setengah) bundaran yang mungil dan lentur. Menarik hati sekaligus mendatangkan teka teki disebabkan strukturnya yang kompleks seperti manik-manik. Aspek stimulus ini yang berstruktur jelas disertai letaknya yang agak tanggung memaksa subjek untuk bekerja berhati-hati dan tidak bertindak asal-asalan.
Rangsang 8 : mengenai kehidupan sosial atau hubungan sosial
Garis lengkung besar, memiliki kualitas kebundaran dan fleksibilitas yang hidup sebagaimana rangsang 7. Akan tetapi, tidak seperti rangsang 7 yang agak mengganggu disebabkan kecil dan rumitnya, rangsang 8 tampak tenang, besar dan mudah dihadapi. Lengkungan yang halus mendorong penyelesaian ke bentuk benda hidup sedangkan arah lengkungnya yang menghadap ke bawah serta letaknya dalam segiempat mengesankan gagasan sebagai suatu penutup, pelindung, atau tempat berteduh. Dimensinya yang relatif besar juga menggambarkan perluasan dan kebesaran sebagaimana terlihat pada hasil gambar yang kebanyakan berupa fenomena alam seperti pelangi atau matahari terbenam.
C. Tips Mencurangi Tes Psikotes Warteg Gambar
Untuk garis lengkung sebaiknya Anda menggambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya Anda menggambar benda mati. Jika Anda menggambar terbalik, misal garis lurus digambar menjadi bunga, hewan, dan sebagainya sebaliknya garis lengkung digambar menjadi mobil, mesin, dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian Anda.
Selanjutnya dari cara menggambar pun dapat memperlihatkan kepribadian Anda, misalnya jika saat mengambar Anda terlalu sering menghapus bahkan kertas Anda kotor menandakan bahwa Anda adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan jika Anda menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti Anda termasuk orang yang keras kepala.
Apa yang Anda gambar juga menunjukan IQ Anda. Jika Anda menggambar sesuatu yang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika Anda menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan
Bagi yang lebih suka Visual, bisa di tonton di sini
0 Komentar