Kesetaraan dan non-diskriminasi di tempat kerja

impactbnd.com

Kesetaraan dan non-diskriminasi di tempat kerja adalah dua cara untuk menyatakan hal yang sama: Kesetaraan berarti tidak adanya diskriminasi, dan diskriminasi berarti hilangnya atau berkurangnya kesetaraan. Hak atas kesetaraan adalah hak asasi manusia yang fundamental, yang dijamin di dalam Undang-undang Dasar Republik Indonesia, Undang-Undang Ketenagakerjaan (UU No.13 Tahun 2033) maupun di dalam instrumen-instrumen hukum internasional yang telah diratifikasi oleh Indonesia. Perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menghormati prinsip kesetaraan, baik sebagai pengusaha maupun sebagai pelaku ekonomi. Sebagai pengusaha, perusahaan harus memastikan bahwa prinsip-prinsip kesetaraan dan non-diskriminasi dihormati di seluruh praktik sumber daya manusia, meliputi 
  • Perekrutan
  • Pengupahan
  • Benefit sosial atau benefit ketenagakerjaan lainnya
  • Syarat dan ketentuan kerja
  • Akses ke pelatihan kerja, kemajuan dan promosi
  • Pemutusan kontrak kerja
Prinsip kesetaraan kesempatan dan perlakuan berlaku untuk seluruh pekerja di suatu perusahaan, yang bekerja untuk perusahaan tersebut dari sebuah lokasi eksternal, atau yang dikaitkan dengan perusahaan tersebut, termasuk pekerja paruh waktu, pekerja lepas, subkontraktor, pekerja alih daya dan pekerja komisi.1 Pengusaha harus mengikuti panduan yang ditetapkan di dalam Panduan ini dan Kode praktik bagi pengusaha tentang mempromosikan kesetaraan dan mencegah diskriminasi di tempat kerja di Indonesia yang diterbitkan oleh APINDO bekerja sama dengan ILO untuk memastikan bahwa tidak ada bentuk diskriminasi yang ditoleransi di tempat kerja. Seluruh manajer, penyelia dan staf di perusahaan sama-sama  bertanggung jawab untuk menghormati prinsip kesetaraan dan untuk melaksanakan toleransi dan pemahaman terhadap keragaman untuk meningkatkan keharmonisan dan kepercayaan tempat kerja.
Perusahaan juga harus mempromosikan kesetaraan dan non-diskriminasi dalam praktik usaha mereka dengan pihak ketiga. Ini berarti bahwa seluruh pelanggan dan klien harus diperlakukan sama tanpa memandang asal-usul sosial, agama, etnis mereka, apakah mereka memiliki disabilitas atau karakteristik pribadi lainnya, dan materi-materi pemasaran dan humas

Berikut ini tes toleransi dan kepedulian lingkungan

Tes Toleransi & Kepedulian Lingkungan

1. Hari ini rekan kerja anda ayahnya sakit keras dan rekan anda tak punya biaya untuk membawanya ke Rumah Sakit.

A. Saya menasehatinya untuk lain kali mencari fasilitas Jamkesmas

B. Saya menganjurkannya untuk mengikuti asuransi kesehatan

C. Saya memberinya bantuan semampu saya

D. Saya mengoordinir rekan-rekan lain untuk turut membantu

E. Saya melaporkan kepada atasan tentang hal ini

2. Ayah sahabat anda mengalami serangan jantung dan masuk Rumah Sakit.

A. Saya percaya dokter RS mampu menangani dengan baik

B. Saya akan menjenguknya ketika ada waktu yang benar-benar longgar

C. Saya akan menjenguknya

D. Saya menanyakan apakah kondisinya memang parah

E. Saya berharap semoga lekas sembuh

3. Seorang kawan di kantor sering meminta untuk diajari hal-hal seputar pekerjaan yang belum diketahuinya, maka saya

A. Mengajarinya cukup sekali saja

B. Mengajarinya dan menyarankannya membaca buku yang dapat membantunya

C. Mengajari kalau memang saya memiliki waktu yang sangat longgar

D. Memintanya agar belajar mandiri

E. Memintanya dengan tegas agar belajar sendiri, karena itulah inti tanggungjawab

4. Jika saya bepergian dengan bis kota,

A. Saya selalu mengajak bicara orang yang duduk di samping saya

B. Saya takut mengajak bicara orang yang duduk di samping saya

C. Saya ingin orang yang duduk di samping saya mengajak saya bicara

D. Saya diam saja

E. Saya tak mau mengajak bicara karena itu bukan urusan saya

5. Dalam keseharian,

A. Saya sering curhat kepada orang lain

B. Orang lain sering curhat kepada saya

C. Tak perlu saya curhat, biarlah masalah itu saya tanggung sendiri

D. Saya tak ingin menjadi tempat curhat orang lain karena hanya membebani pikiran saya

E. Mungkin curhat itu diperlukan

6. Menurut rekan-rekan saya, saya termasuk orang yang

A. Memiliki toleransi tinggi

B. Terkadang kurang toleran terhadap kesulitan rekan

C. Memiliki toleransi sedang

D. Memiliki toleransi rendah

E. Tidak memiliki toleransi sama sekali

7. Setelah melaksanakan tugas tertentu yang diberikan atasan, ternyata ada instruksi yang salah dari atasan sehingga anda harus mengulangi tugas tersebut. Bagaimana sikap anda ?

A. Saya tetap mengulanginya meskipun sambil sedikit melampiaskan kekesalan kepada atasan

B. Meskipun dia atasan saya, saya menegurnya dengan keras atas kesalahan yang merugikan orang lain tersebut

C. Saya mengulanginya meskipun dalam hati terasa sangat marah

D. Saya tidak bersedia mengulanginya karena kesalahan bukan dari pihak saya

E. Saya bersedia mengulanginya dan saya juga memintanya untuk lebih berhati-hati dalam memberikan instruksi di kemudian hari

8. Di kantor anda ada beberapa peralatan yang tidak berfungsi (rusak), namun hanya anda yang mengetahuinya. Apa tingdakan anda ?

A. Saya akan diam saja, karena jika saya melaporkan hal ini ke bagian perlengkapan, maka akan dikira saya yang telah merusaknya

B. Saya beritahu rekan kerja terdekat saya

C. Saya menginvestigasi siapa yang merusaknya

D. Saya laporkan kepada bagian perlengkapan

E. Saya diam saja karena tugas saya sendiripun masih banyak

9. Apa yang anda lakukan bila terjadi bencana alam di wilayah anda ?

A. Saya akan menyumbangkan seluruh gaji saya bulan ini untuk korban bencana alam tersebut

B. Saya akan menyumbangkan sebagian gaji saya karena sayapun membutuhkan biaya hidup untuk diri sendiri dan keluarga

C. Saya mengajak rekan-rekan kerja di kantor, kerabat dan siapapun untuk menyumbang sesuai dengan kemampuannya bagi korban bencana alam

D. Saya laporkan kepada atasan di kantor agar menyalurkan sumbangan

E. Saya percaya pengelolaan sumbangan bagi korban bencana alam seperti itu akan diatur oleh pemerintah

Jawaban :

1. D

2. C

3. B

4. A

5. B

6. A

7. E

8. D

9. C

Penilaian

Jumlah jawaban benar 8-9 : Toleransi Tinggi

Jumlah jawaban benar 6 -7 : Toleransi Sedang

Jumlah jawaban benar kurang dari 6 : Toleransi Rendah

Tips meningkatkan toleransi

Sadarilah bahwa manusia hidup saling tolong menolong. Tak ada manusia yang bisa hidup sendiri. Tak ada manusia sempurna. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Terimalah kekurangan diri sendiri dan orang lain. Saling Bantu membantu dalam kesulitan meningkatkan kebahagiaan hidup.

Posting Komentar

0 Komentar