Penjelasan Detail Tes Culture Fair Test
Memiliki nama asli : Culture Fair Test (CFIT) Scale 2 and 3 From A and From BCFIT dikembangkan oleh R.B Cattell(1973)
CFIT mengukur inteligensi individu dalam suatu cara yang direncanakan untuk mengurangi pengaruh: Kecakapan verbal, Iklim kebudayaan dan Tingkat pendidikan (Cattell dalam Kumara,1989)
Alasan= perbedaan kebudayaan dapat mempengaruhi performance test (hasil) Ã sehingga dikembangkan tes yang adil budaya (culture fair) antara lain CFIT.
Di Indonesia CIFT dikenal dengan nama:
Tes G skala 2A(A7A)
Tes G skala 2B(A7B)
Tes G skala3A
Tes G skala3B
Bentuk alat tes yang tersedia: Buku soal dan lembar jawaban yang terpisah.
Aspek yang diukur dalam tes:
Tes ini mengukur faktor kemampuan mental umum (g-factor)
Baca Juga: Psikotes Lulus Gambar Wartegg
Latihan Tes CFIT
Tes ini dapat disajikan secara individual maupun klasikal disamping tester, perlu pengawas tambahan bagi kelompok yang terdiri dari 25 orang atau lebih.
Tujuan :
Tes ini dipergunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan faktor kemampuan mental umum atau kecerdasan.
Skala 1 Usia 4 – 8 th & orang dengan RM Tidak ada bentuk A &B Terdiri atas 8 subtes Skala2
Usia 8 – 15th Untuk orang dewasa yang memiliki kecerdasan di bawahnormal. Ada bentuk A &B Terdiri atas 4 subtes Skala 3
Usia > 15 th (Untuk usia sekolah lanjutan atas) Untuk orang dewasa dengan kecerdasantinggi. Ada bentuk A & B Terdiri atas 4subtes
Waktupenyajian:
Seluruh penyajian untuk setiap bentuk membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 40 menit, tergantung pada daya faham kelompok atau subyek.
Waktu untuk Skala 1
Tes 1.Substitusi :3’
Tes 2.Klasifikasi :2’
Tes 3.Mazes :2,5’
Tes 4.Selecting Name :2,5’
Tes 5.FollowingDirection :4’
Tes 6.WrongPicture :2,5’
Tes 7.Riddles :3,5’
Tes 8.Similarities :2’
Waktu Pelaksanaan Skala 2 &3
Subtes 1.Seri : 3menit
Subtes 2.Klasifikasi : 4menit
Subtes 3.Matriks : 3menit
Subtes 4.Persyaratan : 2,5menit
Validitas dan Reliabilitas
Skala 2 telah diselidiki validitasnya untuk anak-anak SD kelas VI dan V di Kabupaten Sleman DIY (Sukadji, 1983; Susilowati, 1982)
Menurut manual aslinya (Cattel 1973) reliabilitas lebih adekuat bila digunakan kedua bentuk; penyajian bentuk A langsung diikuti penyajian bentuk B, atau dengan istirahat diantaranya.
Cara pemberian Skor
Setelah diperiksa, jawaban yang benar di skor 1. Skor keseluruhan adalah jumlah skor subtes-subtes; atau apabila menggunakan bentuk A dan B, skor subyek adalah total skor bentuk A plus bentuk B.
Skor tersebut tidak valid bila mempunyai pola tertentu, misalnya dijawab berurutan pada satu kolom secara menyolok, atau terdapat pilihan jawaban lebih dari satu, kecuali pada subtes-subtes dimana ada dua jawaban yang harus benar untuk masing-masing butir.
Norma
Norma asli: untuk bentuk A sendiri dan untuk A+B terdapat dalam buku Manual (Cattel, 1973) dalam bentuk ekuivalensi IQ dan Persentil
Catatan
Petunjuk penyajian untuk skala 2 bentuk A dan bentuk B telah diterjemahkan. Lembar jawaban yang paling baik adalah yang berbentuk folio mendatar (Sukadji, 1983)
Petunjuk Subtes 1
3 menit ; 13soal
Di bagian atas ada 4 buah kotak. Di bawahnya ada 6 kotak yang menjadi pilihan jawaban.
Contoh 1: Di kotak pertama ada bulatan besar. Di kotak kedua, bulatan itu mengecil. Di kotak ketiga, bulatan semakin mengecil. Tapi di kotak keempat itu kosong.Pilihlah dari 6 kotak pilihan jawaban, mana pilihan yang tepat untuk mengisi kotakkeempat.
Lanjutkan dengan menjelaskan contoh 2 dan 3. Setelah menjelaskan 3 contoh, tanyakan pada Testee :"Apakah anda sudah mengerti cara mengerjakannya?“ Setelah Testee menjawab, katakan : "Sekarang anda kerjakansecepat-cepatnya”
Petunjuk Subtes 2
4 menit ; 14soal
Cara pengetesan sama dengan sub tes pertama, hanya berbeda dalam cara pengerjaantes.
"Dari 5 gambar yang terdapat dalam kotak, pilihlah 2 gambar yang paling berbeda darilainnya."
Petunjuk Subtes 3
3 menit ; 13soal
"Di subtes 3 ini, anda menemui ada 4 buah kotak. 4 buah kotak ini memilikipola-pola tertentu.“
Contoh : Di kotak pertama ada 1 persegi panjang berwarna hitam. Di kotak kedua, ada 2 persegi panjang berwarna hitam. Di kotak ketiga ada 1 persegi panjang berwarna putih. Tetapi di kotak keempat kosong. Pilihlah dari 6 pilihan yang tersedia, yang sesuai untuk mengisi kotak yangkosong.
Lanjutkan dengan menjelaskan contoh lainnya.
Petunjuk Subtes 4
2,5 menit ; 10 soal
Cara pengetesan sama dengan sub tes lainnya, hanya berbeda dalam cara pengerjaan tes. Hanya untuk bagian ini, tester sebaiknya memberi contoh di papan tulis.
"Di dalam setiap kotak soal, terdapat sebuah titik. Tugas anda adalah mencari titik dan mencari prinsip dari titiktersebut.“
Klasifikasi IQ CIFT
Aspek yang Diukur CFITSubtes1
Sistematika berpikir, yaitu kemampuan berpikir runtut untuk memahami rangkaian suatu permasalahan yang berkesinambungan.
Subtes2
Ketajaman diferensiasi, yaitu kemampuan untuk mengamati hal-hal yang detil secara tajam dan berpikir dengan kritis untuk mengidentifikasi permasalahan.
Subtes3
Asosiasi, yaitu kemampuan analisa-sintesa untuk menghubungkan dua atau lebih permasalahan yang serupa.
Subtes4
Pemahaman konsep, yaitu kemampuan memahami suatu prinsip untuk diterapkan ke dalam situasi yang berbeda.
0 Komentar