4 Level Mengevaluasi Pelatihan dan Pengembangan
Pelatihan dan pengembangan dapat meningkatkan integritasnya di dalam perusahaan jika program tersebut menunjukkan manfaat yang nyata bagi organisasi. Tiga tujuan evaluasi meliputi: memutuskan kebutuhan untuk melanjutkan program, memutuskan kebutuhan untuk memodifikasi program, dan menentukan nilai pelatihan.
Model Kirkpatrick untuk evaluasi pelatihan banyak digunakan di lingkungan belajar. Tingkatan dalam model ini adalah: (1) pendapat peserta, (2) tingkat pembelajaran, (3) perubahan perilaku (transfer pelatihan ke pekerjaan), dan (4) pencapaian tujuan pelatihan dan pengembangan (pengaruh terhadap kinerja).
Sering Gagal Tes Psikotes, Subscribe Channel Kami Banyak Soal Asli yang Dipakai Perusahaan
1. Opini Peserta
Suatu pendekatan yang memberikan tanggapan dan saran untuk perbaikan, terutama tingkat kepuasan pelanggan. Pendekatan ini juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan umpan balik dengan cepat dan murah.
2. Tingkat Pembelajaran
3. Perubahan Perilaku
Tes secara akurat menunjukkan apa yang telah dipelajari peserta pelatihan, tetapi memberikan sedikit petunjuk tentang kemampuan pelatihan untuk mengarahkan peserta agar mengubah perilaku mereka. Tapi bukti terbaik dari nilai datang ketika pembelajaran diterjemahkan ke dalam perubahan perilaku yang berkelanjutan. Metode penilaian umpan balik 360 derajat sering digunakan untuk mengukur perubahan perilaku.
4. Pencapaian Tujuan Pelatihan dan Pengembangan
Pendekatan lain untuk mengevaluasi program pelatihan dan pengembangan melibatkan penentuan sejauh mana program telah mencapai tujuan yang dinyatakan dan memiliki dampak nyata pada kinerja.
5. Pembandingan (Benchmarking)
Adalah proses memantau dan mengukur proses internal perusahaan, seperti operasi, dan kemudian membandingkan data tersebut dengan informasi dari perusahaan yang unggul di bidang tersebut.
0 Komentar