Tips Menaklukkan Wawancara Kerja

Wawancara merupakan salah satu poin yang sering dianggap menegangkan bagi para pencari kerja.  Bagaimana bisa?  Wawancara adalah langkah terpenting dalam membuktikan kepada pemberi kerja bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk posisi yang mereka cari.

Jika Anda sedang mencari tips untuk membuat wawancara Anda berjalan dengan baik, artikel ini akan membantu Anda menemukan solusi.

Persiapan apa saja yang harus dilakukan?

Persiapan sebelum melakukan wawancara bisa menjadi kunci sukses agar Anda bisa menjalani proses wawancara dengan baik.  Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan terbaik dalam wawancara Anda.  Nah, persiapan ini bisa membantu kamu untuk memberikan kesan yang baik agar kamu berpeluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.  Yuk, simak beberapa tipsnya!

  1. Lakukan Riset Tentang Perusahaan

  Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelum wawancara, tidak akan ada kesan menarik selain Anda hanya duduk-duduk dan menjawab beberapa pertanyaan tanpa Anda tahu perusahaan apa yang Anda hadapi.
  Perusahaan cenderung mencari kandidat pekerjaan yang sesuai dengan budaya yang mereka jalani selama ini.  Melakukan riset tentang perusahaan dapat memberi Anda petunjuk tentang tujuan besar perusahaan sehingga Anda tidak akan merasa ragu saat menjawab beberapa poin penting mengenai perusahaan.
  Ketika Anda dapat menjawab beberapa poin ini, Anda akan terlihat sebagai seseorang yang benar-benar menginginkan dan mampu memberikan dampak positif dengan posisi yang Anda cari.

  2. Pahami Deskripsi Pekerjaan

  Memahami deskripsi pekerjaan dapat membantu Anda untuk menemukan tujuan utama dari posisi pekerjaan di suatu perusahaan.  Ketika Anda memahami deskripsi pekerjaan yang Anda cari, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyelaraskan keterampilan yang Anda miliki dengan tujuan posisi pekerjaan yang Anda cari.

  Ini juga dapat membantu Anda menemukan beberapa kemungkinan pertanyaan yang mungkin muncul terkait pekerjaan tersebut.

  3. Perhatikan dan pahami resume yang Anda tulis

  Resume yang Anda tulis berisi keterampilan dan riwayat pekerjaan yang paling relevan untuk posisi pekerjaan yang Anda cari.  Banyak pencari kerja yang sering kebingungan ketika mendapatkan pertanyaan mengenai poin-poin pada resume yang telah mereka tulis.

  Untuk itu, ketika Anda mempersiapkan ini, kenali apa keterampilan yang relevan dan riwayat pekerjaan apa yang telah Anda lakukan sehingga Anda dapat menjelaskan ini dengan baik dan semua keterampilan yang Anda miliki dapat dijelaskan tanpa terlihat bingung.

  4. Luangkan Waktu untuk Berlatih

  Saat Anda memiliki waktu luang, cobalah berlatih dengan memposisikan diri Anda seolah-olah sedang melakukan wawancara.
  Anda bisa mencoba berlatih dengan menjawab beberapa pertanyaan populer yang sering ditanyakan, hal ini bisa dilakukan dengan mencoba berbicara di depan cermin, merekam dengan handphone dan bisa dilakukan dengan bantuan teman atau keluarga.

  Berlatih dapat membantu Anda membangun kepercayaan diri dan membantu Anda mengatasi kegugupan.

Posting Komentar

0 Komentar