A. Apa itu Spesifikasi Pekerjaan?
Spesifikasi pekerjaan atau yang sering disebut dengan spesifikasi pekerjaan adalah spesifikasi atau persyaratan pekerjaan yang harus dipenuhi oleh calon pencari kerja atau calon karyawan untuk dapat masuk dan menduduki jabatan di perusahaan.
Spesifikasi atau persyaratan tersebut biasanya berkaitan dengan kompetensi, latar belakang jurusan atau pendidikan, pengalaman kerja dan sebagainya.
Spesifikasi pekerjaan atau persyaratan yang diminta oleh perusahaan memang digunakan untuk memenuhi kualifikasi calon karyawan atau pekerja untuk menyesuaikan dengan bidang yang akan digeluti.
Sehingga syarat tersebut harus sesuai dengan apa yang diminta oleh perusahaan. Dan calon pelamar kerja juga bisa memenuhi kualifikasi tersebut jika ingin menjadi pegawai di formasi.
B. Apa itu Job Desc (Deskripsi Pekerjaan)?
Setelah memahami tentang spesifikasi pekerjaan, pasti sebagian dari Anda juga ingin mengetahui apa itu deskripsi pekerjaan atau yang sering disebut dengan deskripsi pekerjaan.
Job description memiliki arti dimana job description adalah keterangan atau catatan yang menjelaskan uraian tugas secara tertulis yang berisi tentang pembentukan suatu jabatan atau tugas.
Uraian atau catatan biasanya berisi informasi tentang fungsi dan tugas sebagai pegawai.
Selain itu, ada fungsi lain yang perlu dijalankan sebagai karyawan seperti, tanggung jawab dan wewenang yang harus dijalankan terkait dengan jabatan yang akan Anda dapatkan di perusahaan tempat Anda akan bekerja nantinya.
Perusahaan juga akan menjelaskan tugas dan tanggung jawab apa yang dapat Anda lakukan di posisi pekerjaan tersebut.
Juga terkait informasi tempat kerja, jam kerja sesuai formasi jabatan Anda, dan juga informasi gaji karyawan.
Anda berhak atas semua hal tersebut sebelum Anda menduduki formasi jabatan. Jadi pastikan hak Anda dalam job description sudah sesuai dengan apa yang telah diinstruksikan oleh atasan Anda.
C. Perbedaan Antara Job Desc & Job Spesification
Jika sudah mengetahui uraian yang sudah dijelaskan di atas, tentu ada perbedaan yang jelas dari fungsi keduanya.
Jika Spesifikasi Pekerjaan merupakan persyaratan khusus bagi calon pelamar kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan pada suatu posisi tertentu.
Sedangkan Job Desc merupakan tugas atau tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh pegawai pada posisinya.
Jadi, jika Spesifikasi Pekerjaan ditujukan untuk calon pelamar kerja atau seseorang yang ingin melamar pekerjaan. Sedangkan Job Desc ditujukan bagi pegawai atau pegawai yang pernah bekerja di perusahaan, serta tanggung jawab atau wewenang yang diberikan kepada seseorang dalam suatu forum tertentu yang dipercaya untuk mengatur segala sesuatunya sesuai dengan jabatan orang tersebut.
D. Hal-hal yang Meliputi Spesifikasi Pekerjaan
1. Karakteristik Fisik
Setelah mengetahui apa perbedaan antara spesifikasi pekerjaan dan deskripsi, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui yang meliputi Spesifikasi Pekerjaan.
Yang pertama adalah Karakteristik Fisik yang meliputi usia, daya tahan, kekuatan, koordinasi motorik, koordinasi tangan dan kaki, berat badan, tinggi badan, penglihatan, serta diskriminasi warna.
2. Karakter Psikologis dan Sosial
Bagian yang satu ini sering dijumpai pada kualifikasi atau standar yang dipersyaratkan dalam spesifikasi pekerjaan. Karena bagian ini mencakup hal-hal seperti kestabilan emosi seseorang, keterampilan interaksi sosial (interaktif), aktif, dan inisiatif.
Kemampuan ini termasuk dalam kategori ini karena ada beberapa perusahaan yang menginginkan karyawannya aktif dalam bekerja.
3. Karakteristik Pribadi
Pada bagian yang satu ini, hampir setiap perusahaan juga akan meminta persyaratan yang sesuai dengan karakteristik kepribadian calon karyawan.
Misalnya seperti latar belakang pendidikan, jenis kelamin, pengalaman atau pengalaman pribadi yang sesuai dengan yang dibutuhkan, terkait hobi, dan juga latar belakang keluarga.
4. Karakteristik Mental
Karakteristik Mental disini sangat penting digunakan dalam proses rekrutmen calon karyawan atau karyawan.
Bagian ini mencakup kecerdasan umum yang dimiliki oleh calon pelamar kerja, seperti ketentuan standar pendidikan dan batasan IPK (Gradual Achievement Index).
Selain itu, ada juga standar kemampuan berkonsentrasi, dan sistem berpikir ke depan.
E. Hal-hal Yang Termasuk Job Description
1. Identifikasi Pekerjaan
Sesuai dengan Job description yang merupakan kewajiban yang harus diterima oleh karyawan atau karyawan di perusahaan. Bagian deskripsi pekerjaan juga mencakup bagian-bagian tertentu sebagai berikut.
Mengenai penjelasan nama pekerjaan, jabatan yang akan diduduki, tempat kerja atau departemen, dan juga lokasi pekerjaan. Beberapa hal tersebut adalah hak yang diterima oleh karyawan dari perusahaan.
2. Ringkasan Pekerjaan
Bagian ini menjelaskan tentang isi pekerjaan seperti kegiatan atau tugas yang harus dilaksanakan oleh karyawan. Tugas ini biasanya mencakup tugas pokok atau tugas yang harus dilaksanakan sesuai dengan tanggung jawab jabatan yang Anda miliki.
Ada juga tugas tambahan, dan tugas tambahan lainnya yang harus dijelaskan bos secara rinci kepada karyawannya.
3. Tugas dan Tanggung Jawab
Pada bagian uraian tugas ini, tugas sebagai supervisor juga memiliki tanggung jawab untuk memberi tahu karyawan atau bawahannya.
Seperti memerintahkan atau mengarahkan pegawai untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan jabatan yang dijabat dan menjelaskan seberapa besar tanggung jawab yang dimiliki jika berada pada jabatan tersebut.
4. Pengawasan
Hal lain yang dilakukan dalam job description biasanya adalah supervisi atau tugas pengawasan. Sebagai atasan, ia akan menjelaskan apa saja yang perlu diawasi dalam menjalankan tugasnya di jabatan tersebut.
Ini termasuk pengawasan beberapa pekerja atau beberapa posisi yang perlu diawasi jika tugas dan tanggung jawab Anda sebagai supervisor perusahaan.
5. Kaitannya dengan Pekerjaan Lain dan Lingkungan Sosial
Hal yang satu ini juga sangat penting dalam menjaga kelangsungan karir dan pekerjaan. Deskripsi pekerjaan yang Anda terima akan dijelaskan oleh atasan Anda tentang hubungan kerja antara Anda dan karyawan lain.
6. Kondisi Kerja
Kondisi kerja memegang peranan penting dalam menjelaskan kondisi dan situasi dalam pekerjaan yang akan dilakukan.
Seperti mengenai kondisi fisik atau suasana ruangan di tempat kerja, polusi cahaya, kebisingan, debu dan asap serta kondisi psikologis yang harus dihadapi, seperti bekerja di bawah tekanan (under pressure) atau dengan sistem pencapaian target di tempat kerja.
Nah itulah tadi penjelasan singkat tentang Job Desc dan juga Job Specification yang sering dijumpai di dunia kerja.
Kedua hal ini memang memiliki perbedaan karena yang satu digunakan pada saat proses rekrutmen pekerja, dan yang lainnya merupakan tugas atau kewajiban yang harus diterima setelah proses rekrutmen.
Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan pengetahuan Anda sebelum melamar pekerjaan.
0 Komentar